11 Bunga Yang Dapat Dimakan Dengan Potensi Manfaat Kesehatan

Toko Bunga Malang– Centerpieces bermotif bunga di meja makan adalah tradisi klasik dan abadi, tetapi bunga terkadang juga bisa muncul di piring makan Anda. Bunga yang dapat dimakan digunakan dalam berbagai gaya masakan dan dapat ditemukan pada menu di seluruh dunia. Tidak semua bunga aman untuk dikonsumsi, tetapi bunga-bunga yang dapat ditawari ledakan rasa dan […]

Add To Cart

11 Bunga Yang Dapat Dimakan Dengan Potensi Manfaat Kesehatan

00

Toko Bunga Malang– Centerpieces bermotif bunga di meja makan adalah tradisi klasik dan abadi, tetapi bunga terkadang juga bisa muncul di piring makan Anda. Bunga yang dapat dimakan digunakan dalam berbagai gaya masakan dan dapat ditemukan pada menu di seluruh dunia. Tidak semua bunga aman untuk dikonsumsi, tetapi bunga-bunga yang dapat ditawari ledakan rasa dan warna unik untuk banyak hidangan, termasuk salad, saus, minuman dan makanan pembuka. Beberapa dari mereka bahkan menawarkan manfaat kesehatan. Berikut adalah 11 bunga yang dapat dimakan dengan manfaat kesehatan potensial. 1. Hibiscus (Kembang Sepatu) Tanaman kembang sepatu menghasilkan bunga yang besar dan berornamen yang biasanya tumbuh di daerah beriklim tropis dan subtropis di seluruh dunia. Ratusan spesies kembang sepatu ada, tetapi varietas yang paling populer dimakan dikenal sebagai rosela atau Hibiscus sabdariffa. Bunga kembang sepatu dapat tumbuh sebesar 6 inci (15 cm) dengan diameter dan ditemukan dalam beragam warna – termasuk merah, putih, kuning dan berbagai warna pink. Meskipun kadang-kadang tumbuh untuk tujuan hias, kembang sepatu juga terkenal dengan aplikasi kuliner dan obat-obatannya. Anda bisa memakan bunga langsung dari tanaman, tetapi biasanya digunakan untuk minum teh, menikmati, selai atau salad. Banyak budaya minum teh kembang sepatu untuk khasiat obatnya. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kembang sepatu dapat membantu mengurangi tekanan darah dan kadar kolesterol, meskipun diperlukan lebih banyak penelitian untuk lebih memahami bagaimana kembang sepatu dapat mendukung kesehatan jantung. Tehnya merah terang dan memiliki rasa asam yang agak asam. Mungkin disajikan panas tetapi sangat menyegarkan di atas es di hari musim panas. 2. Bunga Dandelion Dandelion dikenal sebagai gulma kebun yang membandel. Namun, mereka tumbuh dua kali lipat sebagai bunga yang dapat dimakan bergizi. Dandelion memiliki bunga-bunga kecil – diameter sekitar 1–1,5 inci (2-4 cm) – dengan banyak kelopak kecil berwarna kuning cerah. Mereka memasok berbagai senyawa tanaman yang dikenal memiliki sifat antioksidan kuat. Yang menarik, bunganya bukan satu-satunya bagian dari dandelion yang bisa dimakan. Bahkan, setiap bagian dari apa yang disebut gulma ini dapat dinikmati – termasuk akarnya, batang dan daunnya. Ada banyak pilihan untuk makan dandelion. Bunganya bisa dimakan mentah, baik sendiri atau dilemparkan ke dalam salad. Mereka mungkin dilapisi tepung roti dan digoreng atau digunakan untuk membuat jeli dan anggur. Akar sering direndam untuk membuat teh, sedangkan sayuran hijau dapat dikonsumsi mentah sebagai salad atau topping sandwich. Mereka juga bisa dimasak dalam semur, casserole atau hidangan lainnya yang membutuhkan sayuran hijau. 3. Bunga Lavender Lavender adalah ramuan bunga kayu yang awalnya tumbuh...

Toko Bunga Malang– Centerpieces bermotif bunga di meja makan adalah tradisi klasik dan abadi, tetapi bunga terkadang juga bisa muncul di piring makan Anda. Bunga yang dapat dimakan digunakan dalam berbagai gaya masakan dan dapat ditemukan pada menu di seluruh dunia.

Tidak semua bunga aman untuk dikonsumsi, tetapi bunga-bunga yang dapat ditawari ledakan rasa dan warna unik untuk banyak hidangan, termasuk salad, saus, minuman dan makanan pembuka. Beberapa dari mereka bahkan menawarkan manfaat kesehatan.

Berikut adalah 11 bunga yang dapat dimakan dengan manfaat kesehatan potensial.

1. Hibiscus (Kembang Sepatu)

Tanaman kembang sepatu menghasilkan bunga yang besar dan berornamen yang biasanya tumbuh di daerah beriklim tropis dan subtropis di seluruh dunia. Ratusan spesies kembang sepatu ada, tetapi varietas yang paling populer dimakan dikenal sebagai rosela atau Hibiscus sabdariffa. Bunga kembang sepatu dapat tumbuh sebesar 6 inci (15 cm) dengan diameter dan ditemukan dalam beragam warna – termasuk merah, putih, kuning dan berbagai warna pink.

Meskipun kadang-kadang tumbuh untuk tujuan hias, kembang sepatu juga terkenal dengan aplikasi kuliner dan obat-obatannya. Anda bisa memakan bunga langsung dari tanaman, tetapi biasanya digunakan untuk minum teh, menikmati, selai atau salad. Banyak budaya minum teh kembang sepatu untuk khasiat obatnya. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kembang sepatu dapat membantu mengurangi tekanan darah dan kadar kolesterol, meskipun diperlukan lebih banyak penelitian untuk lebih memahami bagaimana kembang sepatu dapat mendukung kesehatan jantung.

Tehnya merah terang dan memiliki rasa asam yang agak asam. Mungkin disajikan panas tetapi sangat menyegarkan di atas es di hari musim panas.

2. Bunga Dandelion

Dandelion dikenal sebagai gulma kebun yang membandel. Namun, mereka tumbuh dua kali lipat sebagai bunga yang dapat dimakan bergizi. Dandelion memiliki bunga-bunga kecil – diameter sekitar 1–1,5 inci (2-4 cm) – dengan banyak kelopak kecil berwarna kuning cerah. Mereka memasok berbagai senyawa tanaman yang dikenal memiliki sifat antioksidan kuat.

Yang menarik, bunganya bukan satu-satunya bagian dari dandelion yang bisa dimakan. Bahkan, setiap bagian dari apa yang disebut gulma ini dapat dinikmati – termasuk akarnya, batang dan daunnya. Ada banyak pilihan untuk makan dandelion. Bunganya bisa dimakan mentah, baik sendiri atau dilemparkan ke dalam salad. Mereka mungkin dilapisi tepung roti dan digoreng atau digunakan untuk membuat jeli dan anggur.

Akar sering direndam untuk membuat teh, sedangkan sayuran hijau dapat dikonsumsi mentah sebagai salad atau topping sandwich. Mereka juga bisa dimasak dalam semur, casserole atau hidangan lainnya yang membutuhkan sayuran hijau.

3. Bunga Lavender

Lavender adalah ramuan bunga kayu yang awalnya tumbuh di Afrika bagian utara dan Mediterania. Bunga-bunga ungu sangat kecil tapi berlimpah. Kombinasi warna dan aroma membuat lavender menjadi tambahan yang sangat diinginkan untuk berbagai makanan, termasuk makanan yang dipanggang, sirup infus, minuman, teh herbal, bumbu gosok kering dan campuran ramuan.

Citarasanya berpadu sempurna dengan bahan-bahan manis dan gurih, termasuk jeruk, berry, rosemary, sage, thyme, dan cokelat. Saat memasak dengan lavender, yang terbaik adalah mulai dengan jumlah kecil dan meningkat perlahan sampai Anda mencapai rasa yang diinginkan, karena dapat dengan cepat menjadi terlalu kuat.

4. Bunga Honeysuckle

Hampir 200 spesies honeysuckle ada, tetapi yang paling umum adalah varietas Jepang dan kayu. Bunga-bunga harum, biasanya kuning muda atau putih, memiliki nektar yang dapat dimakan langsung dari bunga.

Honeysuckle telah menjadi vital bagi praktik pengobatan tradisional Tiongkok selama berabad-abad. Bunga-bunga dan ekstraknya dicerna atau dioleskan ke kulit untuk mengobati berbagai kondisi peradangan. Namun, kemanjurannya sebagai terapi obat untuk manusia tetap belum terbukti secara ilmiah.

Dalam dunia kuliner, honeysuckle paling sering digunakan untuk membuat teh atau sirup yang wangi dan beraroma.Anda dapat menggunakan sirup untuk memaniskan es teh, limun, yogurt dan sorbet atau sebagai pengganti gula dalam resep roti cepat. Sementara bunga honeysuckle dan nektarnya sangat aman dikonsumsi, perhatikan bahwa buah beberapa varietas mungkin beracun jika tertelan dalam jumlah besar.

5. Bunga Nasturtium

Nasturtium adalah favorit kuliner karena bunga-bunganya yang berwarna cerah dan rasa gurih yang unik. Baik daun dan bunga nasturtium dapat dimakan dan dapat dinikmati dimasak atau mentah. Mereka menampilkan profil rasa pedas, sedikit pedas, meskipun bunga itu sendiri lebih ringan daripada daun.

Bunga berbentuk corong biasanya oranye terang, merah atau kuning. Mereka membuat hiasan yang indah untuk kue, kue kering, dan salad. Nasturtium tidak hanya bahan yang serbaguna dan menarik tetapi juga bergizi – mengandung berbagai mineral dan senyawa yang meningkatkan kesehatan dengan efek antioksidan dan anti-inflamasi

6. Bunga Borage

Borage, atau starflower, adalah ramuan yang menghasilkan bunga halus berbentuk bintang. Bunganya biasanya biru tetapi juga putih atau merah muda.

Dalam pengobatan herbal, borage digunakan untuk mengobati penyakit ringan, seperti sakit tenggorokan atau batuk. Namun, penelitian manusia untuk mendukung kemanjurannya sebagai terapi medis masih langka.

Di dapur, tidak ada kekurangan cara untuk menggunakan borage, karena bunga dan daunnya bisa dimakan. Bunganya sering digambarkan memiliki rasa yang sedikit manis yang mengingatkan pada mentimun dan madu.

7. Bunga Purslane

Purslane adalah sukulen yang menghasilkan bunga kecil berwarna kuning dan daun berdaging tebal – keduanya dapat dimakan dan dapat dimakan dimasak atau mentah.

Secara historis, krokot dianggap tidak lebih berharga daripada rumput kebun. Namun, tanaman kecil ini baru-baru ini melonjak dalam popularitas karena kandungan nutrisi yang kaya.

Ini dipenuhi dengan vitamin, mineral dan antioksidan, tetapi klaim terbesar untuk ketenaran gizi adalah kandungan lemak omega-3-nya. Faktanya, kroklan memberikan lebih banyak omega-3 daripada hampir semua sayuran lain dari jenisnya.

Bunga dan daun krokot dapat disajikan mentah di banyak salad dan sandwich. Mereka juga dapat ditumis atau dikukus dengan sayuran lain sebagai lauk atau ditambahkan ke sup favorit Anda. Anda bahkan dapat mempertimbangkan mencoba tanaman ini dihancurkan dan digoreng.

8. Bunga Mawar

Ada lebih dari 150 spesies mawar tersedia dalam hampir semua ukuran dan warna yang bisa dibayangkan. Bagian terbaiknya adalah semuanya dapat dimakan. Namun, mawar tidak semuanya terasa sama. Aturan praktis yang baik untuk memilih mawar beraroma adalah jika baunya menyenangkan, mungkin rasanya juga enak. Hanya makan kelopak, karena daun dan batang tidak membuat camilan yang sangat enak.

Mereka dapat dimakan mentah, dicampur ke berbagai buah atau salad hijau atau dikeringkan dan ditambahkan ke granola atau campuran herbal. Seperti banyak bunga yang dapat dimakan lainnya, mawar dapat menawarkan manfaat kesehatan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa senyawa tertentu dalam mawar dapat berperan dalam mengurangi kecemasan dan meningkatkan relaksasi

9. Bunga Labu

Jika Anda pernah menanam labu musim panas di taman Anda, Anda mungkin menyadari bunga-bunga yang lembut. Namun, Anda mungkin tidak tahu bahwa bunga-bunga ini hanya bisa dimakan seperti labu itu sendiri.

Bunga-bunga ini dapat dimakan mentah sebagai hiasan atau cincang dan ditambahkan ke salad. Jika Anda merasa senang, pilihan lezat lainnya adalah mengisi bunga dengan keju herba dan menggoreng atau memanggangnya sampai kelopak halus menjadi renyah.

Bunga jantan memiliki batang yang panjang dan tipis dan biasanya tumbuh di sekitar tepi luar tanaman. Bunga betina cenderung tumbuh lebih dekat ke pusat tanaman dan memiliki buah kecil dan bulat di pangkal bunga di mana ia bertemu batang.

10. Bunga Pansny

Sudah cukup menyenangkan untuk dilihat, pansy sama-sama menyenangkan untuk dimakan.

Pansy memiliki bunga kecil, berukuran sekitar 5-8 cm. Mereka ada dalam banyak warna, tetapi warna ungu, biru dan kuning adalah yang paling umum. Mereka memiliki lima kelopak yang tumpang tindih dengan area gelap di tengahnya yang menyerupai noda tinta.

Biasanya, pansy memiliki rasa bunga yang ringan, segar dan ringan – meskipun ada beberapa variasi rasa tergantung pada jenisnya.

Karena pansy dapat memiliki banyak variasi warna, pansy merupakan tambahan dekoratif yang sangat baik untuk makanan penutup, seperti kue kering, kue, dan kue. Untuk bakat ekstra, Anda bisa permen kelopak sebelum menambahkannya ke piring Anda.

Untuk persiapan yang lebih sederhana, pansy dapat dicincang halus dan ditambahkan ke salad hijau sederhana untuk sembulan warna dan tekstur.

Selain sebagai tambahan unik untuk makanan, pansy juga merupakan sumber yang kaya dari beberapa senyawa tanaman kuat yang dikenal memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi

Baca Juga : Cara Mengejutkan Seseorang Yang Spesial Dengan Karangan Bunga

11. Bunga Chamomile

Chamomile adalah ramuan bunga yang digunakan dalam memasak dan obat tradisional selama berabad-abad. Secara medis, chamomile sering dikonsumsi untuk mengurangi kecemasan dan meningkatkan kualitas tidur. Bunganya sangat mirip bunga aster, meski jauh lebih kecil. Mereka memberikan rasa yang agak manis dan bersahaja untuk makanan yang mereka masak.

Sebagian besar resep membutuhkan pemanasan bunga dalam cairan untuk mengekstraksi rasa dan senyawa bioaktifnya. Daun dan bunga biasanya dikeringkan terlebih dahulu tetapi bisa digunakan segar.  Meskipun paling sering digunakan untuk teh chamomile, bunga-bunga juga dapat membuat sirup atau infus lain untuk makanan yang dipanggang, smoothie atau makanan penutup.

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rating