Cara Bertahan Melalui 5 Tahap Cinta

Jika ada satu hal dalam hidup yang sederhana, itu adalah cinta. Itu sebabnya ada begitu banyak hubungan yang berakhir lebih awal dan begitu banyak pasangan yang akhirnya bercerai. Film dan dongeng membuat seluruh pengalaman terlihat begitu mudah, tetapi jauh lebih rumit. Sementara perasaan cinta pada dasarnya alami, kebanyakan orang tidak tahu bahwa cinta pada akhirnya […]

Add To Cart

Cara Bertahan Melalui 5 Tahap Cinta

00

Jika ada satu hal dalam hidup yang sederhana, itu adalah cinta. Itu sebabnya ada begitu banyak hubungan yang berakhir lebih awal dan begitu banyak pasangan yang akhirnya bercerai. Film dan dongeng membuat seluruh pengalaman terlihat begitu mudah, tetapi jauh lebih rumit. Sementara perasaan cinta pada dasarnya alami, kebanyakan orang tidak tahu bahwa cinta pada akhirnya akan bergerak melalui beberapa tahap. Jika Anda membayar terlalu dini, Anda tidak akan pernah mencapai tahap akhir di mana Anda akan menemukan cinta sejati yang abadi. Tahap Cinta # 1 – Awal yang Penuh Semangat Tahap pertama dari cinta, sering disebut “fase bulan madu,” adalah apa yang kebanyakan orang bayangkan ketika mereka berpikir untuk jatuh cinta. Ini adalah tahap di mana Anda bertemu pasangan potensial dan mulai memiliki perasaan satu sama lain. Jantung Anda berdetak kencang ketika Anda melihatnya; Anda memiliki kupu-kupu di perut Anda, dan mereka memakan pikiran Anda. Lebih dari cinta, ini adalah kegilaan. Anda mengalami perasaan yang intens dan penuh gairah untuk orang lain. Ini adalah tahap ketika Anda mengabaikan atau mengabaikan sesuatu yang negatif atau tidak sempurna tentang calon pasangan Anda. Kelemahan mereka tampaknya tidak ada. Orang lain mungkin melihat mereka, tetapi Anda tidak tahu apa yang mereka bicarakan. Anda mengenakan kacamata berwarna mawar, berbentuk hati. Plus, Anda tinggi hormon seperti oksitosin, dopamin, serotonin, testosteron, dan estrogen. Bagi kebanyakan orang, ini adalah tahap cinta favorit mereka karena semuanya terasa baik. Anda tidak bisa membayangkan berdebat atau hal-hal yang memburuk. Andai saja Anda bisa bertahan di tahap ini selamanya! Namun, itu tidak realistis. Agar suatu hubungan bertahan lama, Anda harus mengenal pasangan Anda secara intim, termasuk semua kekurangan dan kesalahannya. Itu dimulai pada tahap berikutnya. Love Stage # 2 – Segalanya Mulai Menjadi Serius Ketika lima tahap cinta secara alami berkembang, Anda beralih dari tahap yang penuh gairah, intens, dan menyenangkan ke tempat yang lebih serius. Di sinilah Anda menjadi pasangan nyata dan mulai membangun kehidupan bersama. Perasaan gembira dan tergila-gila berkembang menjadi sesuatu yang lebih dalam. Segalanya mulai tenang, dan ikatan yang dalam mulai terbentuk. Idealnya, Anda akan mulai merasa aman dan nyaman dalam hubungan itu. Kalian berdua mungkin tidak peduli untuk keluar menari lagi; alih-alih, Anda menikmati waktu meringkuk di sofa menonton film. Pada titik ini, pasangan biasanya menikah, tinggal bersama, dan mulai membangun keluarga. Dua kehidupan pribadi Anda telah bergabung menjadi satu. Ketika pasangan mencapai tahap ini, mereka merasa aman dalam hubungan. Orang-orang berpikir di sinilah cinta sejati...

Jika ada satu hal dalam hidup yang sederhana, itu adalah cinta. Itu sebabnya ada begitu banyak hubungan yang berakhir lebih awal dan begitu banyak pasangan yang akhirnya bercerai. Film dan dongeng membuat seluruh pengalaman terlihat begitu mudah, tetapi jauh lebih rumit. Sementara perasaan cinta pada dasarnya alami, kebanyakan orang tidak tahu bahwa cinta pada akhirnya akan bergerak melalui beberapa tahap. Jika Anda membayar terlalu dini, Anda tidak akan pernah mencapai tahap akhir di mana Anda akan menemukan cinta sejati yang abadi.

Cara Bertahan Melalui 5 Tahap Cinta

Tahap Cinta # 1 – Awal yang Penuh Semangat

Tahap pertama dari cinta, sering disebut “fase bulan madu,” adalah apa yang kebanyakan orang bayangkan ketika mereka berpikir untuk jatuh cinta. Ini adalah tahap di mana Anda bertemu pasangan potensial dan mulai memiliki perasaan satu sama lain. Jantung Anda berdetak kencang ketika Anda melihatnya; Anda memiliki kupu-kupu di perut Anda, dan mereka memakan pikiran Anda. Lebih dari cinta, ini adalah kegilaan. Anda mengalami perasaan yang intens dan penuh gairah untuk orang lain.

Ini adalah tahap ketika Anda mengabaikan atau mengabaikan sesuatu yang negatif atau tidak sempurna tentang calon pasangan Anda. Kelemahan mereka tampaknya tidak ada. Orang lain mungkin melihat mereka, tetapi Anda tidak tahu apa yang mereka bicarakan. Anda mengenakan kacamata berwarna mawar, berbentuk hati. Plus, Anda tinggi hormon seperti oksitosin, dopamin, serotonin, testosteron, dan estrogen.

Bagi kebanyakan orang, ini adalah tahap cinta favorit mereka karena semuanya terasa baik. Anda tidak bisa membayangkan berdebat atau hal-hal yang memburuk. Andai saja Anda bisa bertahan di tahap ini selamanya! Namun, itu tidak realistis. Agar suatu hubungan bertahan lama, Anda harus mengenal pasangan Anda secara intim, termasuk semua kekurangan dan kesalahannya. Itu dimulai pada tahap berikutnya.

Love Stage # 2 – Segalanya Mulai Menjadi Serius

Ketika lima tahap cinta secara alami berkembang, Anda beralih dari tahap yang penuh gairah, intens, dan menyenangkan ke tempat yang lebih serius. Di sinilah Anda menjadi pasangan nyata dan mulai membangun kehidupan bersama. Perasaan gembira dan tergila-gila berkembang menjadi sesuatu yang lebih dalam. Segalanya mulai tenang, dan ikatan yang dalam mulai terbentuk. Idealnya, Anda akan mulai merasa aman dan nyaman dalam hubungan itu. Kalian berdua mungkin tidak peduli untuk keluar menari lagi; alih-alih, Anda menikmati waktu meringkuk di sofa menonton film.

Pada titik ini, pasangan biasanya menikah, tinggal bersama, dan mulai membangun keluarga. Dua kehidupan pribadi Anda telah bergabung menjadi satu. Ketika pasangan mencapai tahap ini, mereka merasa aman dalam hubungan. Orang-orang berpikir di sinilah cinta sejati muncul karena mereka telah bergerak melewati tahap kegilaan dan membangun hubungan yang lebih dalam. Masih ada tiga tahap yang harus dilalui, dan yang berikutnya adalah waktu make-it-or-break-it.

Tahap Cinta # 3 – Kekecewaan

Ini adalah tahap di mana Anda mulai merasa kecewa dengan hubungan Anda. Ini juga merupakan tahap cinta di mana Anda mungkin khawatir bahwa Anda salah atau memilih orang yang salah. Semua hal yang Anda abaikan di masa lalu selalu ada di pikiran Anda sekarang. Anda merasa kurang dihargai dan tidak dicintai. Pada tahap ini, beberapa orang merasa seolah-olah mereka jatuh cinta.

Orang-orang di tahap ini mungkin berpikir bahwa segalanya telah berubah, meskipun mereka pernah mencintai pasangannya. Yang lain bertanya-tanya apakah mereka benar-benar jatuh cinta. Ini adalah tahap di mana banyak orang mempertimbangkan untuk meninggalkan hubungan atau bertanya-tanya apakah rumput lebih hijau di tempat lain.

Apa yang kebanyakan orang tidak sadari adalah bahwa Tahap # 3 adalah bagian dari perkembangan normal dari hubungan romantis. Sebaliknya, mereka percaya hanya mereka yang mengalaminya. Kebanyakan pasangan tidak membicarakan perasaan mereka satu sama lain pada tahap ini, dan mereka juga jarang berbicara dengan orang lain tentang mereka. Itu membuat lebih sulit bagi pasangan untuk menyadari bahwa tahap ini tidak hanya normal, tetapi juga sesuatu yang dilalui setiap orang dalam hubungan jangka panjang.

Ketika Anda mencapai tahap ini, Anda punya pilihan untuk dibuat. Anda dapat melakukan salah satu dari yang berikut:

End the Relationship – Ketika Anda melakukan ini, Anda akan membangun sebuah pola. Setiap hubungan romantis yang serius akan mencapai tahap ini cepat atau lambat. Jika Anda tidak bertahan kali ini, Anda akhirnya akan berakhir di sini lagi dengan orang yang berbeda.

Settle for Mediocrity – Ini adalah pilihan populer untuk pasangan yang tidak percaya pada perceraian atau orang yang lebih suka merasa nyaman daripada memulai dari awal dengan seseorang yang baru. Mereka berasumsi bahwa inilah yang akan terjadi dengan hubungan mereka, dan mereka tidak mencoba mengubahnya atau meninggalkannya. Mereka hanya menemukan cara untuk hidup berdampingan dengan pasangan mereka.

Push Past It – Pasangan yang bertekad untuk bertahan tanpa puas dengan biasa-biasa saja belajar bagaimana mendorong melewati tahap kekecewaan. Mereka mencari cara untuk menghubungkan kembali dan memperdalam cinta mereka satu sama lain. Inilah saatnya Anda menyadari bahwa cinta adalah pilihan dan Anda harus memilihnya setiap hari.

Tahap Cinta # 4 – Cinta Sejati

Jika Anda memilih untuk melewati tahap ketiga cinta, Anda akan menemukan cinta sejati yang lebih dalam dari apa pun yang Anda bayangkan. Ini adalah saat Anda mengetahui kekurangan, ketidaksempurnaan, dan kegagalan pasangan Anda, tetapi Anda tetap memilih untuk mencintainya, dan mereka melakukan hal yang sama untuk Anda.

Untuk mencapai tahap ini, Anda akan belajar bahwa pengampunan adalah bagian penting dari hubungan. Pada titik ini, Anda telah mengalami kedua sisi – memaafkan pasangan Anda dan meminta pengampunan.

Selama Tahap # 4, Anda bekerja sebagai tim yang belum pernah ada sebelumnya. Alih-alih hanya berfokus pada diri sendiri dan cinta yang ingin Anda rasakan, Anda berfokus pada orang lain. Anda ingin membantu mereka mencapai tujuan mereka, dan Anda menemukan bahwa Anda adalah orang yang lebih baik karena Anda bersama.

Mencapai tahap ini tidak terjadi secara kebetulan. Sekarang, Anda menyadari bahwa cinta sejati tidak seperti komedi romantis, dan Anda tidak mengejar cinta palsu semacam itu. Anda bersama untuk jangka panjang – baik atau buruk. Anda bahkan telah menjalani beberapa “yang lebih buruk,” sehingga Anda tahu apa yang Anda lakukan.

Love Stage # 5 – Anda Mulai Membuat Perbedaan Bersama

Ketika kebanyakan orang memikirkan hubungan atau perkawinan, mereka tidak memikirkan Tahap # 5. Pada tahap cinta ini, Anda benar-benar datang bersama sebagai pasangan. Anda telah belajar bagaimana membuat kekuatan dan kelemahan Anda saling melengkapi.

Para ilmuwan melakukan penelitian untuk melihat seberapa banyak seekor kuda dapat menarik. Ketika mereka mendapatkan hasil, mereka ingin tahu tentang apa yang akan terjadi jika mereka memiliki dua kuda. Kebanyakan orang akan menebak bahwa dua kuda akan menarik dua kali lebih banyak daripada satu, tetapi para ilmuwan menemukan bahwa dua kuda yang bekerja bersama dapat menarik lebih banyak dari dua kali lipat apa yang bisa ditarik oleh satu kuda.

Hubungan Anda serupa. Ketika Anda dan pasangan Anda bekerja bersama, Anda dapat mencapai jauh lebih banyak dari apa yang Anda masing-masing dapat capai sendiri. Ketika hubungan Anda mencapai tahap ini, Anda dapat membuat perbedaan besar di komunitas Anda atau di dunia dengan menemukan area atau penyebab yang penting bagi Anda berdua.

Bekerja menuju tujuan bersama memberi Anda sesuatu yang sama, menciptakan tautan lain di antara Anda berdua. Semakin banyak pengalaman yang Anda bagikan, semakin kuat hubungan Anda.

Kebanyakan Pasangan Jangan sampai ke Tahap # Sendiri

Yang benar adalah bahwa banyak pasangan tidak berhasil melewati Tahap # 3. Mereka menyerah pada hubungan atau memutuskan untuk bertahan meskipun mereka tidak bahagia. Mereka tidak menyadari bahwa mereka dapat tetap bersama dan membuat segalanya lebih baik dengan mendorong melewati tahap kekecewaan.

Pasangan yang bahagia memiliki rahasia – mereka telah membantu di sepanjang jalan. Banyak dari pasangan ini mengambil keuntungan dari konseling hubungan. Pasangan muda cenderung menganggap pasangan yang lebih tua yang masih bersama pasti sangat cocok. Pada kenyataannya, banyak pasangan yang berhasil melewati Tahap # 3 berhasil karena mereka berinvestasi dalam hubungan dan bekerja dengan profesional yang berkualitas.

Seringkali pasangan membutuhkan sedikit dukungan untuk membuat hubungan mereka hebat, terutama di Tahap # 3. Sendiri, pasangan mungkin bertengkar tentang masalah permukaan dan tidak pernah sampai ke akar masalah mereka. Jika Anda berjuang melalui tahap cinta, seorang terapis dari BetterHelp dapat membantu.

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rating

Call Now Button